KIA dan Kebudayaan masyarakat

Mitos – Mitos yang Berhubungan dengan Kehamilan

Masalah budaya yang berupa mitos – mitos saat kehamilan sebenarnya bukan menjadi masalah yang serius, tetapi akan menjadi serius jika budaya tersebut masih mengakar kuat sedangkan dapat membawa dampak negatif terhadap kehamilan. Para ibu hamil sekarang ini sudah semakin sadar akan perkembangan teknologi. Sudah semakin sadar ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya ke dokter kandungan, bidan, dan jarang ke dukun beranak. Namun, tahayul masih tetap  diyakini antara lain :

  1. Bila ibu hamil, saat keluar dari rumah selalu membawa bawang atau stempel arang dapur

Pembahasan:

Hal ini dilakukan dengan harapan bayi yang dikandungannya selamat dari gangguan.

  1. Selama mengandung, suaminya tidak boleh potong rambut

Pembahasan :

Kepercayaan ini masih dilaksanakan, dengan kepercayaan agar anak yang dilahirkan nanti dapat lahir dengan rambut yang sesuai.

  1. Selama kehamilan dibuatlah ramuan daun kayu urip (boreh dalam istilah bali) Pembahasan :

Hal ini dilakukan dengan harapan bayi yang lahir nanti sehat dan selamat.

  1. Ibu hamil selalu menaruh belati di bawah bantal

Pembahasan :

Hal ini dilakukan dengan harapan anak yang dikandungnya nanti lahir laki-laki. Tetapi dari segi kesehatan hal ini justru membahayakan, karena bila terjadi kejadian gunting atau pisau kecil sampai menusuk kulit ibu.

  1. Pada ibu hamil tidak dibenarkan berbuat yang bertentangan dengan agama Pembahasan :

Hal ini dilakukan karena dapat menular pada sikap anaknya kelak.

  1. 6.      Untuk anggota keluarganya tidak diperbolehkan membangun rumah atau bagunan yang lainnya

Pembahsan :

Hal ini disarankan karena dianggap tidak boleh sama – sama membangun, artinya si ibu sedang dalam proses pembentukan janin dan jika dilaksanakan pembangunan artinya melakukan proses pembangunan.

  1. Pada ibu hamil, tidak diperbolehkan untuk minum es

Hal ini karena akan menyebabkan bayi besar dan kemungkinan susah lahir. Sering minum es saat hamil menyebabkan bayi besar dan akan sulit lahir.

Pembahasan :

Dari segi kesehatan, mitos ini menguntungkan karena yang menimbulkan masalah kalau ibu hamil banyak minum-minuman yang serba mengandung gula, seperti es doger, es campur, es teller, dan sebagainya. Jika ibu hamil sering minum es yang banyak mengandung gula, bisa jadi bayi akan besar karena kalori yang dimakan ibu menjadi lebih banyak. Selain kelebihan gula, ukuran janin juga ditentukan oleh faktor genetik dan asupan nutrisi. Orang tua yang bertubuh besar sangat mungkin akan melahirkan bayi yang juga besar. Asupan nutrisi yang baik sangat mempengaruhi perkembangan fisik janin, sehingga janin akan berkembang dengan baik. Beberapa penyakit tertentu, seperti diabetes, juga bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan memiliki berat badan yang lebih besar.

  1. 8.      Selalu mencuci bersih semua buah – buahan (bila akan makan rujak), daging dan sayur – sayuran

Pembahasan :

Mitos ini menguntungkan bagi ibu, karena agar ibu tidak terkena efek samping pestidida yang bisa merusak jaringan tubuh janin ibu. Dan selalu memasak hingga matang semua jenis daging tersebut.

 

  1. 9.      Ibu yang malas berdandan, maka janinnya akan laki – laki

Pembahasan :

Ini tergantung dari keadaan ibu sendiri. Jika memang sejak sebelum hamil suka dandan, biasanya hal ini berlanjut juga sampai berbadan dua. Saat pembuahan terjadi, jenis kelamin jabang bayi sudah ditentukan, kalau punya kromosom XX berarti perempuan, kalau XY berarti laki – laki. Secara ilmiah tidak ada hubungan antara suka dandan dan jenis kelamin bayi. Itu semata karena perubahan hormonal pada si ibu.

 

  1. 10.  Jika ibu menyukai warna cerah maka janin yang dikandungnya adalah perempuan

Pembahasan :

Mitos ini tidak selalu mendukung, karena jika seorang ibu memang sedang ingin memakai baju yang bunga – bunga maka tidak mesti karena jabang bayinya. Meski terkadang anggapan benar kalau saat hamil suka warna biru berarti bayinya laki – laki, namun ini bukanlah patokan yang layak dijadikan pegangan.

  1. 11.  Tidak boleh memotong atau menjahit baju selama kehamilan atau anak akan lahir dengan bibir sumbing

Tidak boleh memotong atau menjahit baju selama kehamilan atau anak akan lahir dengan bibir sumbing.

Fakta:

Bibir sumbing biasanya karena pengaruh obat-obatan yang diminum ibu saat hamil, efek radiasi atau faktor genetik. Oleh karenanya x-ray tidak dilakukan selama kehamilan kecuali atas indikasi tertentu.

  1. 12.  Ngidam Tak Terpenuhi, Bayi Akan Ngiler

Pembahasan :

Dari segi kesehatan, mengenai mitos ibu ngidam yang tak terpenuhi itu tidak benar. Sebenarnya tak ada kaitannya antara bayi ngiler dengan masa ngidam si ibu. Jadi, tidak perlu khawatir bayi akan ngiler. Jika keinginan ngidamnya aneh-aneh sebaiknya si calon ibu lebih berusaha mengendalikan pikirannya dan mencoba mengalihkannya ke arah yang positif. Jika secara psikologis sudah siap maka tidak akan muncul ngidam yang aneh-aneh.

 

  1. Ibu hamil dilarang untuk duduk di depan pintu

Hal ini menurut masyarakat karena calon bayi yang akan dilahirkan nantinya akan tertimpa hal – hal yang buruk. Selain itu juga dapat mengalami cacat serta dipercaya nantinya bayi tersebut akan dapat melihat hal – hal yang diketahui mistis atau  gaib.

Pembahasan :

Ibu yang sedang mengandung di larang duduk di depan itu. Itulah budaya masyarakat menyingkapi seorang ibu yang tengah hamil. Namun apabila ditinjau secara medis, budaya ini menguntungkan. Hal ini karena secara medis seorang wanita yang tengah hamil apabila duduk terlalu lama dapat mengalami pengerasan atau penyempitan pada pembuluh darah atau farises. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan tersebut adalah susah buang air besar atau konstipasi.

  1. Ibu hamil disarankan minum air kelapa muda

Bagi masyarakat air kelapa muda dapat memberikan maanfaat bagi ibu hamil karena dianggap dapat membersihkan kulit bayi dn juga dapat mengurangi bau amis ketika melahirkan. Sehingga sampai sekarang budaya ini masih tetap dipercayai oleh masyarakat.

Pembahasan :

Budaya ini menguntungkan karena secara medis air kelapa muda itu sendiri banyak mengandung ion dan merupakan suplai cairan yang baik untuk tubuh. Air kelapa muda dapat menyejukan perut ibu yang sedang mengandung, sehingga dapat membuat bayi yang ada di dalam kandungannya merasa nyaman.

  1. Ibu hamil tidak boleh ke rumah duka

Ibu yang sedang hamil menurut masyarakat tidak boleh pergi ke rumah duka tempat orang meninggal. Hal ini karena dianggap ibu dapat di ganggu oleh makhluk halus melalui sang ibu.

Pembahasan :

Budaya ini menguntungkan apabila ditinjau dari segi medis. Hal ini karena seorang ibu yang sedang hamil cenderung rentan dengan keadaan lingkungan yang ada. Hal karena keadaan dirumah duka ramai sehingga keadaan menjadi sesak dan dapat mengakibatkan perasaan tak enak pada ibu. Selain itu juga untuk menghindari shock (beban pikiran) jika sang ibu melihat kondisi jenasah. Ini juga di magsudkan agar ibu dapat beristirahat dan tidak mengikuti kegiatan yang terlalu banyak.

  1. Ibu hamil disarankan untuk tidak minum air dingin

Masyarakat berasumsi agar ibu hamil tidak minum air dingin. Hal ini karena bagi mereka air dingin dapat membuat kegemukan pada bayi atau bayi dapat menjadi besar. Sehingga keadaan ini membuat sang ibu susah untuk melahirkan.

Pembahasan :

Budaya ini menguntungkan, karena apabila ditinjau dari segi medis, tidak bolehnya seorang ibu hamil minum air dingin karena ditakutkan akan membuat bayi menjadi pilek dan batuk – batuk. Namun, apabila ditinjau kembali, apabila minuman ini hanay air putih yang dingin saja dan tidak ditambahkan gula atau zat – zat lainnya maka tentunya tidak akan memberikan pengaruh pada pertumbuhan janin.

  1. Ibu hamil disarankan menggosokan perutnya dengan pasir sungai atau pasir pantai.

Menurut masyarakat ini dimagsudkan untuk membersihkan bayi yang ada di dalam kandungan, sehingga natinya ketika bayi lahir kelihatan lebih bersih.

Pembahasan :

Budaya ini menguntungkan, karena pasir dapat digunakan untuk menghilangkan garis – garis putih yang timbul saat hamil di daerah perut, akibat adanya kontraksi dari perut yang terus membesar sehingga kulit menjadi tertarik. Selain itu pasir ini juga dapat digunakan sebagai terapi sehingga dapat memberikan rasa nyaman terhadap si ibu.

  1. Ibu hamil dilarang makan nanas muda

Anggapan ini sudah ada sejak sedari dulu dan sangat dipercayai oleh masyarakat. Nanas muda ini terbukti mampu menggugurkan kandungan.

Pembahasan :

Budaya ini menguntungkan karena memang benar nanas muda dapat menggugurknan kandungan. Namun, hal ini karena kandungan dalam getah buah nanas yang banyak menagndung hormon oksitosin yang dapat merangsang kontraksi otot rahim, sehingga dapat menyebabkan keguguran.

  1. 19.  Mengandung janin perempuan akan membuat sang ibu pikun

Anggapan ini mungkin ada benarnya juga, walaupun sifatnya tidak absolut.

Fakta :

Penelitian di Kanada menunjukkan para ibu yang mengandung janin laki – laki memiliki nilai tes yang lebih baik secara bermakna dibanding para ibu yang mengandung janin perempuan dalam tes daya ingat, berhitung, dan visualisasi. Para peneliti menduga hal ini karena faktor bawaan janin yang belum diketahui yang mempengaruhi pengetahuan kognisi ibu.

Pembahasan :

Secara ilmiah bisa diuraikan bahwa pada kondisi hamil terjadi perubahan system sirkulasi darah,  dimana untuk mencukupi kebutuhan darah terjadi pengenceran darah sehingga pada kondisi hamil kadar hemoglobin turun. Secara tidak langsung asupan oksigen juga menurun dan diduga hal ini yang menyebabkan gangguan ingatan secara tidak langsung.

  1. Leher yang menghitan atau putting warna gelap menandakan janin laki – laki

Perubahan warna kulit ibu hamil akibat meningkatnya progesterone dan melanosit, yaitu hormone yang mengatur pigmentasi kulit.

Pembahasan :

Maka putting susu yang menghitam biasa terjadi pada kehamilan, tidak peduli janinnya laki – laki atau perempuan. Guratan juga muncul di tengah perut, kadang – kadang muncul garis hitam dari pusar ke bagian pubis.  Namun jangan cemas, warna hitam akan menghilang setelah melahirkan.

  1. Perut ibu yang membulat berarti janin ibu perempuan

Pembahasan :

Bentuk perut ibu hamil yang lonjong atau buncit bulat tergantung dari posisi janin dalam kandungan, bukan jenis kelaminnya. Jika janin melintang, perut akan terlihat melebar. Namun jika janin memanjang perit akan terlihat tinggi. Bentuk perut ibu hamil tergantung pada elastisitas otot. Saat hamil anak pertama, otot masih kencang sehingga perut akan terlihat bulat. Sebaliknya, jika pernah hamil beberapa kali, otot mulai kendur, sehingga perut tampak turun. Jumlah cairan ketuban yang banyak akan membuat bentuk perut lebih besar dan bulat.

  1.  Tabu jika menyiapkan perlengkapan bayi sebelum bayi lahir

Pembahasan :

Hal ini karena, akan sangat merepotkan ibu jika semua perlengkapan baru dibeli saat si kecil sudah lahir. Yang pasti jangan terlalu boros dulu. Jadi, yang disiapkan hanya hal – hal yang benar – benar diperlukan dalam jumlah secukupnya.

  1. Ibu tidak boleh makan dengan sendok besar

Ibu tidak boleh makan dengan sendok besar agar bibir bayi  mungil.

Pembahasan :

Ini juga tidak masuk akal. Mungil atau tidaknya bibir bayi, juga bentuk mata, alis, hiding, bentuk wajah, rambut, dan sebagainya akan mengikuti ayah atau ibunya, atau kombinasi keduanya. Bahkan, dapat saja wajah atau rambut bayi mengikuti kakek – neneknya. Yang jelas, Tuhan tidak pernah membuat dua manusia yang mirip seratus persen.

  1.  Ibu hamil disarankan minum susu kedelai

Minum susu kedelai dapat mengakibatkan kulit bayi yang dilahirkan nanti bisa putih.

Pembahasan :

Warna kulit seseorang dipengaruhi oleh faktor genetic ayah dan ibunya, bukan dari susu kedelai.

  1. Makan jeruk akan meningkatkan lendir pada bayi dan risko bayi kuning

Pembahasan :

Jeruk adalah sumber vitamin C dan serat yang baik yang justru dibutuhkan untuk menghindari sembelit pada ibu hamil.

  1. Makanan pedas akan membuat bayi terlahir dengan bercak kemerahan atau berwarna kulit gelap

Pembahasan :

Warna kulit seseorang tidak ditentukan oleh makanan pedas, tapi faktor genetic dari ayah dan ibu. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa makan makanan pedas saat hamil, membuat rasa tak enak di perut apalagi bila ibu sedang mual, jadi bukan karena menyebabkan bercak kemerahan pada kulit. Yang ada perut terasa tidak nyaman, apalagi jika ibu punya gangguan lambung.

  1. Mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan ibu hamil tua jadi cepat melahirkan

Pembahasan :

Sebenarnay ibu hamil tidak mempunyai pantangan makanan tertentu. Tapi, ada makanan yang sebaiknya dihindari, seperti makan yang berasal dari keju yang sangat lembik atau keju dari susu mentah. Makanan – makanan ini dikhawatirkan cepat busuk, sehingga mengandung bakteri yang disebut lysteria. Bacteria inilah yang sering dihubungkan dengan kemingkinan penyebab keguguran atau persalinan dini.

  1. Ibu hamil tidak boleh banyak bergerak

Mitos yang mengatakan ibu hamil tidak boleh banyak bergerak ini merupakan mitos yang sedikit merugikan untuk  ibu.

Pembahasan :

Ibu hamil sebaiknya justru banyak bergerak untuk dapat melancarkan persalinan. Bahkan gerakan seperti nungging saat mengepel atau banyak berjalan kaki adalah pilihan aktivitas yang bisa dipertimbangkan.

  1. Ibu hamil tidak boleh memelihara kucing

Ibu hamil tidak boleh memelihara kucing, karena dikatakan dapat mengganggu kesehatan dari kandungan ibu.

Pembahasan :

Hal ini dapat dibenarkan, mengingat kotoran kucing membawa virus toksoplasma yang dapat membahayakan bagi janin. Ibu hamil sebaiknya menghindari dulu interaksi dengan kucing, karena walaupun tidak bersentuhan langsung dengan kotorannya, tetapi virus tetap dapat terbawa pada tubuh kucing tersebut.

  1. Ibu hamil tidak diperbolehkan memakan ikan asin

Ibu hamil tidak disarankan makan ikan asin, karena dipercaya akan membuat bayi yang dilahirkan nanti berbau amis.

Pembahasan :

Mengkonsumsi ikan tidak akan membuat anak terlahir bau amis. Ikan justru mengandung lemak Omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak anak. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai memilih ikan yang tidak segar ataupun sudah terkontaminasi dengan merkuri.

  1. Mengidam yang tidak dituruti akan berpengaruh pada janin

Mengidam yang tidak dituruti dapat dipercaya akan berpengaruh pada bayi yang lahir nanti, karena dipercaya akan membuat bayi ngiler.

Pembahasan :

Ini adalah mitos semata. Mitos ataupun fakta, menjaga kondisi tubuh saat hamil agar tetap sehat serta menjaga baik – baik kandungan adalah hal yang harus diutamakan demi menyambut datangnya si kecil.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s